Workshop & Pelatihan Kebudayaan



Workshop dan pelatihan kebudayaan dalam berbagai aspek sesuai visi-misi /DCB/ akan dilaksanakan mulai akhir periode 2012 secara berkelanjutan dengan target audien publik luas berusia 18 tahun ke atas.

Sasaran yang ingin dicapai adalah membangun kesadaran, sikap dan pola pikir sebagai masyarakat berkebudayaan yang dapat membanggakan dan mencintai kebudayaannya sendiri untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial yang juga mempunyai wawasan nasional dan internasional.

Workshop dan Pelatihan ini juga menjadi upaya /DCB/ dalam meningkatkan jumlah Relawan yang dapat terlibat dalam kegiatan & program /DCB/.

Berikut adalah jenis kegiatan Relawan /DCB/ yang bertempat tinggal di Bandung:
  1. Pencatat Proses: mencatat proses kegiatan /DCB/, terutama pada saat pelatihan teater sehingga proses latihan dapat terdokumentasikan, baik melalui foto, video, maupun tulisan (notulensi) dan dapat di share untuk organisasi lain yang berminat mengembangkan pola pelatihan Teater Anak Negeri.
  2. Penterjemah lisan: menterjemahkan relasi-relasi /DCB/ yang tidak dapat berbahasa Indonesia, penterjemaah bahasa Inggris akan lebih banyak mempunyai porsi, namun untuk bahasa lainpun tetap dapat berkontribusi untuk menterjemaahkan tulisan-tulisan di situs /DCB/ dalam bahasa asing lainnya.
  3. Tim Event Organizer: menjadi tim yang mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan & aktifitas penyelenggaraan event oleh /DCB/, baik pada pementasan teater maupun program-program lainnya.Di dalam tim ini, termasuk juga kapabilitas-kapabilitas seperti penata cahaya, pemusik, desain kreatif, L.O, fasilitator, marketing, operasional, reporter dan kapabilitas lainnya.
  4. Pengajar: khusus untuk yang mempunyai dasar pengetahuan/pendidikan/pelatihan teater, namun untuk dapat terlibat sebagai pengajar, diperlukan sesi pemahaman visi-misi /DCB/ sehingga arah pengajaran tidak melenceng dengan menjadikan sisi entertainment sebagai sasaran utama sebagaimana kebanyakan komunitas seni.
Berikut adalah jenis kegiatan Relawan /DCB/ yang bertempat tinggal di luar Bandung:
  1. Penterjemah tulisan: berkontribusi untuk menterjemaahkan tulisan-tulisan di situs /DCB/ dalam bahasa asing, atau sebaliknya.
  2. Tim Kreatif: bagian dari tim organizer untuk jenis-jenis pekerjaan konsep.