Sejarah Singkat /DCB/


Daya Cipta Budaya terbentuk dan diinisiasi pada tahun 2001 dari diskusi-diskusi malam yang bersifat non formal anggota tetap perpustakaan umum nirlaba Ganesa. Diskusi yang di gagas Semesta Aubrey (Aub) bersama mahasiswa-mahasiswa pasca sarjana UPI menjadi upaya brain storming yang kemudian menghasilkan definisi baru pengertian dan pemahaman kebudayaan untuk menggerakan perubahan.

Upaya membuat legalitas perkumpulan untuk gerakan perubahan, mengalami kegagalan berulang-ulang karena keanggotaan yang didominasi anggota-anggota dengan masa kuliah yang singkat dari luar Kota Bandung, membuat perkumpulan yang terbentuk bersifat perkumpulan non-geografis dengan perubahan susunan keanggotaan mencapai 80% setiap periode waktu kurang dari tiga tahun, tidak mampu merumuskan AD/ART Daya Cipta Budaya secara lengkap.

Program dan kegiatan /DCB/ yang disusun pada periode 2001-2006 dan 2006-2011, akhirnya lebih mengarah pada internal komunitas, dan gerakan perubahan lebih spesifik ditujukan pada mahasiswa pasca sarjana UPI yang bersedia bergabung pada periode tersebut sebagai agen perubahan di daerahnya.

Pada tahun 2009, /DCB/ mulai menemukan pola baru untuk menyampaikan visinya dengan mengembangkan Teater Anak Negeri yang didukung pematerian di ranah seni teater dan sastra oleh seniman-seniman kota Bandung dan Jakarta. Kepengurusan baru /DCB/ pada periode ini (2009-2010), yang juga kepengurusan Teater Anak Negeri, melakukan perubahan total pada Renstra 2006-2011 namun juga masih belum berhasil merumuskan struktur organisasi dan misi untuk mencapai visi sehingga kepengurusan dan program dihentikan.

Pada tahun 2011, /DCB/ dirombak sepenuhnya dengan merekrut Relawan, Anggota baru, pelibatan konsultan untuk merumuskan AD/ART, membangun jaringan relasi baru untuk mensuport misi, keorganisasian, program, sistem manajemen, dll. agar menjadi sinergi dalam upaya pencapaian visi.

Perombakan ini telah menghasilkan AD/ART yang lengkap dan Rensta 2011-2016 secara lebih realistis. Pencapaian sasaran yang telah dilakukan pada tahun pertama Renstra selama semester 1 adalah membentuk kepengurusan baru, peningkatan kesadaran personal memberikan donasi bagi operasional dan pengadaan properti /DCB/, membuat legalitas (akta) /DCB/, melaksanakan program pelatihan Teater Anak Negeri, mengagendakan perubahan Proyeksi Jangka Panjang /DCB/ 2001-2021, dan mengagendakan terbentuknya Divisi-divisi yang melengkapi kepengurusan.

Dengan adanya AD/ART yang ditetapkan pada hari sabtu, tanggal 10 Desember 2011 dan dicatatkan dalam Akta Notaris Pendirian DAYA CIPTA BUDAYA tgl.12 Desember 2011 No. 3.- di Kantor Notaris Heriyawan SH, SK Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia R.I No.C-662-HT-03.01-TAHUN 2001 TGL. 4 Desember 2001, KOTA BANDUNG maka tanggal penetapan AD/ART menjadi tanggal resmi pendirian /DCB/.

Daya Cipta Budaya terdaftar di BKPPM dengan No.: 02/LSM-BR/BKPPM/2012.




Profil Ketua /DCB/ 2011-2016. Sejak 2001 ia selalu berada dibelakang kamera dari foto" Boni Avibus dan aktifitas Daya Cipta Budaya lainnya, sehingga hanya orang-orang tertentu yang mengenalinya.

Ia juga pendiri, donatur dan think tank /DCB/.