Pelatihan Teater


1. Pelatihan Teater Dasar

1.1. Teater Anak Negeri mempunyai 3 program Pelatihan Dasar Teater sebagai berikut:

i. Latihan Reguler Ekstrakurikuler adalah pelatihan yang dilakukan bekerjasama dengan sekolah formal dengan muatan materi peningkatan kapasitas individu (30 Sesi) dan kapasitas kolektif (30 Sesi). Perform/pementasan lebih dikuatkan dalam pementasan kelompok, jika kemudian mampu tampil secara individu, maka itu adalah bonus dari kerja kerasnya.

ii. Latihan Reguler XCTAN adalah pelatihan yang dilakukan dalam komunitas kecil sekurang-kurangnya 4 peserta + 1 L.O dengan muatan materi kapasitas individu (30 Sesi) dan kapasitas kolektif (30 Sesi), Perform/pementasan lebih dikuatkan dalam pementasan kelompok, jika kemudian mampu tampil secara individu, maka itu adalah bonus dari kerja kerasnya.

iii. Latihan intensif XCTAN adalah pelatihan intensif dengan muatan materi kapasitas individu (30 Sesi) dan kapasitas kolektif (10 Sesi) plus promosi khusus pada pementasan/casting individu.

1.2. Pelatihan Teater Lanjutan I

Pelatihan Teater Lanjutan diberikan pada Anggota Original yang telah menyelesaikan pelatihan dasar teater 60 sesi, berupa pembekalan kapabilitas mentransfer pengetahuannya serta sebagai persiapan untuk dapat menjadi inti sel baru dari pelatihan Teater Anak Negeri. Selain pembekalan pelatihan mengajar teater, Anggota juga akan mempelajari peran-peran dibelakang panggung dalam suatu pertunjukan secara keseluruhan. Latihan lanjutan ini minimal diikuti dalam 90 sesi.

1.3. Pelatihan Teater Lanjutan II

Anggota berlatih untuk mengembangkan kemampuan istimewanya yang tidak terbatas hanya pada kesenian saja dan mengkolaborasikannya menjadi suatu bentuk pertunjukan yang dapat diapresiasi publik secara umum (jumlah sesi yang diikuti dapat bervariasi sesuai kematangan personal).

1.4. Pelatihan Teater Lanjutan III

Pelatihan tahap 3 akan lebih menekankan pada sastra dan membuat karya tulis untuk melengkapi kemampuan verbal yang telah diolah pada pelatihan sebelumnya (jumlah sesi yang diikuti dapat bervariasi sesuai kematangan personal).

1.5. Final

Ini adalah tahap dimana anggota dapat berlatih mengambil peran-peran organisasi komunitas, terlibat dalam desain pelatihan dan pementasan, berbagi pengetahuan serta aplikasi dari berbagai hal yang telah mereka pelajari dan menjadi pembimbing Anggota Original Muda atau menjadi inti sel baru dari Teater Anak Negeri dan mematangkan diri (jumlah sesi yang diikuti dapat bervariasi sesuai kematangan personal).

2. Mem-follow up program Yayasan Kelola atau program Hibah Seni lainnya, namun kesiapannya masih perlu proses pengkajian mendalam.